BERITA

Anggota Banser ini Berbagi Pengalaman Bersama Komunitas Muslim di London

banser
H Muhammad Rakhman yang akrab disapa Bang Rakhman, anggota Barisan Ansor Serbaguna dari Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dalam lawatannya di Kota London berbagi pengalaman dengan sejumlah komunitas muslim di Inggris.
Diantara komunitas terbesar di Inggris adalah komunitas umat Muslim dengan jumlah terbesar ketiga di Benua Eropa setelah Prancis dan Jerman. Hal itu tercatat dari sensus tahun 1991, jumlah pemeluk agama Islam di Inggris mencapai angka 1,5 juta jiwa atau 2,6 persen hingga 3,2 persen dari total penduduk 47 juta jiwa.
“Sekarang jumlah muslim di Inggris berkembang pesat, sudah mencapai angka 3 juta jiwa, sebagian besar muslim adalah pendatang atau imigran,” papar Rakhman melalui press releasenya, Selasa (20/3/2018).
Seperti diketahui, imigrasi kaum Muslimin pertama ke Inggris terjadi sekitar akhir abad 18 dan awal abad 19 lalu. Mereka merupakan para kelasi kapal dari negeri Muslim yang direkrut oleh East India Company (Perusahaan India Timur).
“Besarnya komunitas muslim saat ini di London, itu tidak terlepas dari sikap umat muslim disana yang menghargai satu sama lain dan tidak membeda-bedakan kelompok manapun.
Sebagai kelompok minoritas muslim, juga tidak menjadi penghalang untuk saling berbagi dan saling menghargai setiap perbedaan,” ujar senator muda, anggota Dewan Pewakilan Daerah (DPD RI) utusan dari Kalimantan Tengah ini dalam releasenya.
Bersama Muhammad Mahbibur Rahman, yang merupakan imam Masjid Brick Lane di London Timur, dirinya seakan-akan belajar sesuatu yang sangat baru dan indah. Sikap saling menghargai antar sesama dan memberi tanpa pamrih kepada siapapun adalah sebuah sikap yang sangat mulia.
“Disini saya bukan hanya berbagi pengalaman tapi juga saya mendapat ilmu baru dari para alim ulama dan jamaah komunitas muslim di Kota London. Mereka sering berkumpul dalam kelompok Jam’iyah Islamiyah. Di mana kelompok ini adalah sebuah wadah bagi para komunitas muslim London untuk saling berbagi ilmu khususnya agama Islam,” terang Rakhman, Bendahara PC GP Ansor Kobar.
Sebagai anggota Banser dan juga Bendahara PC GP Ansor Kobar, Rakhman merasa mendapatkan pelajaran berharga yang didapatkan. Hal itu sejalan dengan ajaran Nahdlatul Ulama (NU) yaitu Ahlussunah Wal Jamaah yang merupakan ajaran para alim ulama.
“Hidup ini janganlah pernah merasa paling benar tapi merasalah diri kita ini paling berdosa diantara ciptaan tuhan lainnya. Insya Allah itu akan membawa kita dalam kebaikan dan kedamaian,” Ungkap Rakhman saat di Masjid Brick Lane London Timur bersama komunitas muslim lainnya.
Dalam kunjungannya ke London, Rakhman sempatkan bertemu Abdul Wahab dan doktor Abdul Fatah yang merupakan Pengurus Masjid sekaligus Pengurus Jam’iyah Islamiyah di Kota London. Ia mengucapkan banyak terima kasih kepada Imam Masjid Brick Lane London Timur dan juga komunitas muslim lainnya yang telah berkenan menerimanya. []
Sumber: nu.or.id
Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top