BERITA

Sandal Bilal Sudah di Surga

Sandal Bilal

 

Bilal dikenal sebagai seorang Sahabat Nabi yang sangat sederhana. Ia pernah mengenakan sandal rusak yang nyaris tak dapat digunakan.

Ada sahabat pernah bertanya ke Bilal, “saya tidak menemukan satu pun keistimewaan pada diri Anda. Lalu, mengapa Rasulullah menyebutmu sebagai ahli surga?” Mendengar pertanyaan sahabat tersebut, Bilal menjawab bahwa dirinya dijamin menjadi ahli surga karena ikhlas menerima keadaan dan tidak memiliki sifat iri, apalagi dengki, sama sekali.

“Meskipun kehidupan keluarga kami seperti ini, kami menerima keadaan ini sebagai anugerah kami. Meskipun tetangga kami berkehidupan lebih baik daripada kami, itu sudah menjadi rezekinya. Dan kami menjauhi sifat iri kepadanya, apalagi dengki!” Selepas shalat subuh berjamaah, Rasulullah memanggil Bilal dan bertanya: “Katakanlah kepadaku, apa amalanmu yang paling besar pahalanya yang kamu kerjakan dalam Islam? Karena sesungguhnya aku mendengar hentakkan sandalmu di surga.” Suara sandal Bilal terdengar oleh Rasulullah ketika ia berada di surga pada malam Isra’ Mi’raj.

Bilal menjawab, “Setiap aku berwudhu, kapanpun itu, baik siang maupun malam, aku selalu melakukan shalat dengan wudhu tersebut.” Semoga kesederhanaan Bilal menjadi Inspirasi Hidup kita, termasuk dalam menjaga wudlu’ (dawamul wudlu’).

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top